Senin, 02 April 2012

Model Arsitektur Client-Server Pada Internet


Gambaran Umum
Arsitektur jaringan Client Server merupakan model konektivitas pada jaringan yang membedakan fungsi computer sebagai Client dan Server. Arsitektur ini menempatkan sebuah komputer sebagai Server. Server ini bertugas memberikan pelayanan kepada terminal-terminal lainnya tang terhubung dalam system jaringan atau yang kita sebut sebagai Client. Server juga dapat bertugas untuk memberikan layanan berbagi pakai berkas (file server), printer (printer server), jalur komunikasi (server komunikasi).
Pada model arsitektur ini, Client tidak dapat berfungsi sebagai Server, tetapi Server dapat berfungsi menjadi Client (server non-dedicated). Prinsip kerja pada arsitektur ini sangat sederhana, dimana Server akan menunggu permintaan dari Client, memproses dan memberikan hasil kepada Client, sedangkan Client akan mengirimkan permintaan ke Server, menunggu proses dan melihat visualisasi hasil prosesnya.
Arsitektur Client Server Pada Jaringan Internet
Model arsitektur Client-Server dapat terlihat secara jelas pada jaringan internet. Oleh karenanya saya akan membahas lebih khusu mengenai model arsitektur Client-Server pada jaringan internet.
Internet juga menggunakan arsitektur client server. Komputer Anda menjalankan sebuah program yang disebut dengan client dan program tersebut berinteraksi dengan program yang lain yang disebut sebagai server yang diletakkan di remote computer. Client biasanya merupakan sebuah browser seperti Internet Explorer, Netscape Navigator atau Mozila. Browser berinteraksi dengan server dengan menggunakan sekumpulan instruksi yang disebut dengan protokol. Protokol ini lah yang membantu dalam hal akurasi transfer data melalui request yang dikirimkan oleh browser dan response yang dikirim oleh server. Terdapat banyak protokol yang tersedia untuk Internet. World Wide Web, yang merupakan bagian dari Internet menggunakan semua protokol ini dalam satu atap, yaitu HTTP, FTP, Telnet, email, dan lain sebagainya dari satu platform sistem - hingga akhirnya ke browser Anda.
Beberapa Protokol Internet yang Sering Digunakan :
  • HTTP (HyperText Transfer Protocol), digunakan dalam World Wide Web (WWW) yang berfungsi untuk transfer halaman web dan seluruh file yang terletak dalam halaman web seperti gambar, multimedia, attachment file, dan lain sebagainya.
  • FTP (File Transfer Protocol), berfungsi untuk transfer file dari server ke client atau sebaliknya.
  • SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), digunakan untuk pengiriman email.
  • Telnet Protocol, digunakan untuk membuka sesi telnet, yaitu sesi koneksi remote login dari satu komputer ke computer yang lain.

Web menggunakan protokol yang bersifat connection-less. Artinya setiap setelah terjadi interaksi antara client dan server, koneksi antara keduanya akan terputus, demikian seterusnya. Alur proses pada arsitektur Client-Server pada jaringan internet dapat dilihat pada gambar dibawah ini
Pada model arsitektur jaringan internet juga terdapat beberapa model komunikasi yang digunakan. Berikut ini adalah komunikasi antar client server dengan 3 model:

Model #1 Arsitektur Client Server - Halaman Web dengan HTML Statis

Client (browser) mengirim request (permintaan layanan) berupa file HTML yang tersimpan dalam server melalui aplikasi pada server. Server menanggapi request ini kemudian mengirimkan file yang diminta ke client. Client kemudian menampilkan file ini melalui komputernya. Dalam kasus ini, halaman HTML bersifat statis. Halaman-halaman statis ini tidak akan berubah hingga developernya sendiri yang mengubahnya.


Model #2 Arsitektur Client Server - Teknologi CGI Script

Skenarionya sedikit berbeda dengan aplikasi CGI. Di sini server harus bekerja lebih banyak dikarenakan program-program CGI memakai tenaga pemrosesan mesin server. Contohnya, misal kita dihadapkan pada sebuah halaman web yang menyediakan sebuah form searching yang menjalankan program CGI, kemudian kita masukkan kata "komputer" dalam form tersebut sebagai query pencarian. Browser mengirimkan request tersebut ke server, kemudian server memeriksa header dari request tersebut dan memanggil program CGI yang dibutuhkan untuk memproses data request tersebut. Program CGI
memproses data request tersebut dan mengeluarkan hasilnya (output) ke server. Server kemudian mengirimkan output tersebut dalam format HTML ke browser yang akan menampilkan hasilnya sebagai halaman HTML. Program CGI men-generate halaman-halaman web secara dinamis. Content halaman web dinamis bergantung pada query yang di-passing ke dalam program CGI.
Model #3 Arsitektur Client Server - Teknologi Server Side Script

Kasus ketiga ini juga menerapkan respon dinamis, yang di-generate oleh penggunaan teknologi server side. Terdapat banyak teknologi server side script yang populer saat ini, di antaranya yaitu:
  • Active Server Pages (ASP), merupakan teknologi Microsoft. Halaman-halaman web ASP biasanya memiliki ekstensi .asp atau .aspx.
  • PHP Hypertext Preprocessor (PHP), merupakan teknologi open source. Halaman-halaman web PHP memiliki ekstensi .php atau .php3.
  • Java Server Pages (JSP), merupakan teknologi Java - Sun, yang berisikan kode-kode Java dalam mengenerate halaman web dengan ekstensi file .jsp

Dengan teknologi server side script ini, kita lebih dimudahkan untuk memelihara, updating dan mengembangkan halaman-halaman web secara dinamis terutama untuk pengelolaan website yang dalam skala besar. Para developer perlu menyisipkan kode-kode program server-side ke dalam halaman HTML. Kode ini di-passing ke dalam interpreter yang akan memproses instruksi-instruksi di dalamnya dan men-generate HTML final yang akan ditampilkan di layar browser. Perlu diketahui bahwa kode-kode server-side script yang disisipkan dalam halaman HTML tidak dapat ditampilkan (invisible) oleh
client walaupun client menampilkan source halaman web tersebut, dikarenakan server hanya mengirimkan kode HTML.

1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai server, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2302/1/02-01-003-Implementasi%5BSimamora%5D.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    Balas

    BalasHapus

Mengenai Saya

Foto Saya
Cibinong, jawa barat, Indonesia
Saya mahasiswa universitas gunadarma,jurusan Teknik Informatika jenjang S1.